Mengapa Cloud?

July 31, 2013

Tidak kita sadari ketika kita menggunakan layanan e-mail seperti Yahoo Mail, Gmail kemudian Facebook, kita sedang menikmati layanan Cloud Computing atau Komputasi berbasis Awan. Salah satu alasan mendasar mengapa kami mengembangkan Software Dokter Praktek / iDoctor berbasis cloud adalah dengan berbagai pertimbangan. Kami pernah melihat sebuah pengembang yang menjual program dokter praktek dari luar negeri berbasis desktop. Pengembang tersebut menyebutkan aplikasi cloud tidak bisa berjalan jika koneksi internet lambat atau komputer tidak terkoneksi internet. Hal ini sangat jelas jika di tempat praktek anda tidak ada koneksi internet tentu saja anda tidak bisa menyewa layanan kami. Koneksi internet lambat? Aplikasi yang kami kembangkan kami desain agar irit bandwith, dan sehingga tidak memerlukan bandwith internet yang tinggi seperti yang dibutuhkan ketika anda menggunakan layanan video online seperti YouTube. Kemudian pengembang tersebut juga menyebutkan bahwa mengapa anda harus membayar biaya bulanan untuk menyewa sistem berbasis cloud. Kami kira itu hal yang sangat wajar, kita membayar untuk layanan yang kita nikmati. Kita membayar listrik tiap bulan, kita membayar tagihan PAM, tagihan layanan internet dan membayar layanan TV berlangganan. Kami jamin anda tetap dapat melihat data pasien bahkan ketika anda terlambat membayar tagihan karena data pasien adalah sepenuhnya milik anda.

Kemudian masalah keamanan data. Berbeda dengan aplikasi berbasis desktop yang menyimpan data di lokal hard disk, yang mana jika hard disk anda rusak, hilang atau terkena virus maka data pasien anda akan hilang. Mungkin anda bisa melakukan backup harian ( jika ingat), atau menggunakan layanan penyimpanan data online seperti DropBox. Akan tetapi layanan DropBox membutuhkan bandwith yang cukup tinggi untuk mengunduh file anda ke sistem cloud mereka,apalagi jika file anda berukuran besar. Jika kecepatan internet anda lambat, dapat dipastikan proses upload data akan memakan seluruh resource koneksi internet anda.

Sederhana, kami mendesain tampilan iDoctor agar mudah digunakan dan tentu saja nyaman dilihat. Banyak software dokter praktek baik berbasis desktop ataupun web didesain dengan tampilan yang kompleks serta penempatan entrian dan tombol yang kurang nyaman. Seperti pada tulisan sebelumnya kami me-reverse engineering aplikasi desktop ke dalam aplikasi web / cloud. Menjadikan iDoctor aplikasi web/cloud dengan “rasa” dekstop. Sederhana juga mengacu pada konsep cloud itu sendiri, ketika anda berganti komputer , berganti sistem operasi dari Windows ke Mac, atau komputer anda hilang atau rusak. Anda tidak perlu kuatir tentang instalasi program ulang, anda cukup membuka browser kemudian¬† membuka layanan iDoctor dan anda bisa langsung bekerja kembali.

Fitur aplikasi iDoctor akan selalu berkembang sesuai dengan inputan yang masuk dari pengguna layanan, dan fitur tersebut akan otomatis update karena layanan ini berbasis cloud. Tentu saja inputan yang masuk akan kami kumpulkan, kemudian kami saring dan kami kembangan di Lab kami terlebih dahulu. Kami akan selalu memberitahukan jika ada fitur baru melalui fasilitas pesan yang kami paketkan dengan layanan kami.

Aplikasi dekstop dan aplikasi berbasis cloud / web akan selalu berkembang bersama dan saling melengkapi. Browser yang anda pakai untuk menjalankan layanan iDoctor adalah berbasis desktop. Kami tidak mengatakan aplikasi dekstop buruk dan aplikasi web/cloud adalah yang terbaik, akan tetapi kami lakukan adalah menggabungkan segala kelebihan keduanya menjadi sesuatu yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*